Minggu, 22 Oktober 2017

KERAJINAN DARI BAHAN LUNAK

5. Motif Ragam Hias pada Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
Berbagai motif ragam hias yang dapat digunakan untuk menghias karya kerajinan antara lain sebagai berikut:

a. Motif realis
Motif realis ialah motif yang dibuat berdasarkan bentuk-bentuk nyata yang ada di alam sekitar seperti bentuk tumbuh-tumbuhan, bentuk hewan atau binatang, bentuk batu-batuan, bentuk awan, matahari, bintang, bentuk pemandangan alam.

b. Motif geometris
Motif geometris ialah motif yang dapat diukur menggunakan alat dan mempunyai bentuk yang teratur. Contoh: bentuk segi empat, segitiga, lingkaran, kerucut, dan silinder.

c. Motif dekoratif
Pengertian dekoratif adalah menggambar dengan tujuan mengolah suatu benda menjadi lebih indah. Gambar dekoratif berupa gambar hiasan yang perwujutannya tampak rata, kesan ruang jarak jauh dekat atau gelap terang tidak terlalu ditonjolkan.

d. Motif abstak
Motif abstrak merupakan motif yang tidak dikenali kembali objek asal yang digambarkan atau memang benar-benar abstrak karena tidak menggambarkan objek-objek yang terdapat di alam maupun objek khayalan gubahan objek alam serta tidak menggunakan unsur tulisan yang yang tidak terbaca.

6. Teknik Pembuatan produk Kerajinan dari Bahan Lunak
Adapun teknik yang dapat digunakan untuk membuat karya kerajinan dari bahan luak yaitu sebagai berikut:

a. Membentuk
Teknik membebtuk biasanya digunakan pada tanah liat. Macam-macam teknik membentuk antara lain yaitu:
1). Teknik Coil (Lilit Pilin)
Cara pembentukan tangan langsung seperti coil, lempengan atau pijat jari merupakan teknik pembentukan tanah liat yang bebas untuk membuat bentuk-bentuk yang diinginkan.
2). Teknik Putar
Teknik pembuatan dengan alat putar dapat menghasilkan banyak bentuk yang simetris (bulat, silinder) dan bervariasi. Cara pembentukan dengan teknik putar ini sering dipakai oleh para pengrajin keramik.
3). Teknik Cetak
Ada dua teknik pembuatan karya kerajinan dari bahan lunak yaitu: sekali cetak (cire verdue), dan cetak berulang(bi valve).

b. Menganyam
Bahan baku yang digunakan untuk membuat karya kerajinan dengan teknik menganyam ini berasal dari berbagai tumbuhan yang diambil seratnya, seperti rotan, bambu, daun lontar, daun pandan, serat pohon, pohon pisang, enceng gondok. Contoh kerajinan yang dihasilkan dari teknik menganyam ini adalah: keranjang, tikar, topi, dan tas.

c. Menenun
Teknik menenun pada dasarnya hampir sama dengan teknik menganyam, perbedaannya hanya pada alat yang digunakan. Untuk anyaman, kita melakukannya dengan manual dan hampir tidak menggunakan alat bantu. Sedangkan pada kerajinan menenun kita menggunakan alat yang namanya lungsin dan pakan.

d. Membordir
Bordir merupakan hiasan dari benang pada kain, istilah lain bordir adalah sulam.

e. Mengukir
Teknik mengukir adalah kegiatan menggores, memahat, dan menoreh pola pada permukaan benda yang diukir. Dilihat dari jenisnya, ada beberapa jenis ukiran antara lain ukiran tembus (krawangan), ukiran rendah, ukiran tinggi (timbul),dan ukiran utuh.

sweep untuk melihat materi selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANALISIS SWOT

A. PENGERTIAN ANALISIS SWOT Pengertian analisis SWOT  adalah sebuah teknik strategi dalam mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang serta a...