Minggu, 10 September 2017

KERAJINAN DARI BAHAN LUNAK

Produk Kerajinan dari Bahan Lunak

Produk kerajinan memanfaatkan bahan-bahan alam seperti tanah liat, serat alam, kayu, kulit, logam, batu, rotan, dan lain-lain. Berikut uraian materi kerajinan dari bahan lunak secara singkat.

1. Pengertian Kerajinan dari Bahan lunak 
Kerajinan dari bahan lunak merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak, beberapa bahan lunak yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan, yaitu :

a. Bahan Lunak Alami
Bahan lunak alami adalah bahan lunak yang langsung diperoleh dari alam. Contohnya tanah liat, serat alam, dan kulit hewan.

b. Bahan lunak buatan
Bahan lunak buatan adalah bahan untuk membuat produk kerajinan yang diolah menjadi lunak. Contohnya bubur kertas, gips, fiberglas, sabun, spons, lilin, dan lain-lain.

2. Aneka Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
Berikut ini contoh kerajinan dari bahan lunak:

a. Kerajinan Tanah Liat
Kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat dikenal orang dengan kerajinan keramik. Kerajinan keramik adalah karya kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang melalui proses sedekimian rupa (dipijit, butsir, pilin, pembakaran, dan glasir) sehingga menghasilkan barang atau benda pakai yang indah. Contohnya gerabah, vas bunga, guci, piring, gelas, dan sebagainya.

b. Kerajinan Serat Alam
Bahan-bahan serat alam dapat menghasilkan kerajinan tangan yang beraneka ragam, misalnya tas, topi, dompet, alas meja, tempat lampu. Teknik pembuatan kerajinan dari serat alam ini sebagian besar dibuat dengan cara menganyam.

c. Kerajianan Kulit
Kerajinan ini menggunakan bahan baku dari kulit sintesis. Contohnya tas, sepatu, wayang, dompet, jaket. Kulit dihasilkan dari hewan seperti sapi, kambing, kerbau, dan buaya dapat dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan.

d. Kerajinan Gips
Gips merupakan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat. Kandungan gips terdiri atas jenis zat hidrat kalsium sulfat dan beberapa mineral seperti: karbohidrat, borat, nitrat, dan sulfat yang dapat terlepas sehingga gips dalam proses pengerasan akan terasa panas. Prosesnya harus dicairkan dulu  jika ingin bentuk seperti yang diinginkan, harus dibuat cetakan. Fungsi kerajinan gips biasanya dapat berupa hiasan dinding, mainan, dan sebagainya.

e. Kerajinan Lilin
Pembuatan kerajinan bahan dasar lilin cukup sederhana dan mudah, dapat dilakukan oleh semua orang. Jika kita akan mengubah bentuknya menjadi sebuah benda kerajinan yang unik, tentunya perlu dicairkan dengan proses pemanasan diatas kompor/api.

f. Kerajinan Sabun
Kerajinan dari sabun sangat unik. Bahan yang diperlukan adalah sabun batangan.Sabun dapat diolah dengan dua cara. Pertama: mengukir sabun yang menghasilkan karya seperti binatang, buah, dan flora ukiran. Kedua: sabun diparut hingga menjadi bubuk, dicampur dengan sagu dan sedikit air, lalu dibuat adonan baru seperti membuat bentuk dari plastisin.

g. Kerajinan Bubur Kertas
Sisa-sisa kertas dapat dijadikan beraneka ragam kerajinan.Salah satu bentuk pemamfaatannya adalah dijadikan bubur kertas untuk bahan berkarya kerajinan. Teknik pembuatannya dapat dikunjungi di link berikut.
http://realdamson10mipa1.blogspot.co.id/2016/01/membuat-kerajinan-dari-bubur-kertas_15.html

3. Fungsi Produk dari Bahan Lunak
Fungsi produk kerajinan bahan lunak dibedaka menjadi dua, yaitu:

a. Karya kerajinan sebagai benda pakai
Karya kerajinan benda pakai meliputi segala bentuk kerajinan yang digunakan sebagai alat, wadah, atau dikenakan sebagai pelengkap busana.Sebagai benda pakai, produk karya yang diciptakan mengutamakan fungsinya, adapun unsur keindahan hanyalah sebagai pendukung. Contoh karya kerajinan sebagai benda pakai antara lain sandal, tikar, topi, dompet, dan sebagainya.

b. Karya kerajinan sebagai benda hias
Karya kerajinan sebagai benda hias meliputi segala bentuk kerajinan yang dibuat dengan tujuan untuk dipajang atau digunakan sebagai hiasan atau elemen estesis. Jenis ini lebih menonjolkan aspek keindahan daripada aspek kegunaan. Contoh karya kerajinan sebagai benda hias adalah vas bunga, korden, hiasan dinding, dan lain-lain.

4. Unsur Estetika dan Ergonomis Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
a. Unsur Estetika
Unsur estetika sering kita kenal dengan istilah keindahan. Keindahan adalah nilai-nilai estesis yang menyertai sebuah karya seni. 

b. Unsur Ergonomis
Unsur ergonomis karya kerajinan selalu dikaitkan dengan aspek fungsi atau kegunaan. Adapun unsur ergonomis karya kerajinan adalah sebagai berikut.

  1. Keamanan (security), yaitu jaminan tentang keamanan seseorang yang menggunakan produk kerajinan tersebut.
  2. Kenyamanan (comfortable), yaitu kenyaman apabila kerajinan tersebut digunakan.
  3. Keluwesan (flexibility), yaitu keluwesan penggunaan produk kerajinan.


MATERI SELANJUTNYA ADA DI ENTRI BARU

SWEEP UNTUK MELIHAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANALISIS SWOT

A. PENGERTIAN ANALISIS SWOT Pengertian analisis SWOT  adalah sebuah teknik strategi dalam mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang serta a...